Mesin id card saat ini banyak dibutuhkan untuk mereka yang memiliki instansi yang mencetak kartu id card sendiri serta dan kepentingan perusahaan atau kepentingan pribadi.

ID Card adalah kartu identitas yang memuat data-data singkat personal dalam kartu PVC seukuran kartu ATM. Data personal berupa nama, nomor identitas, alamat, tempat tanggal lahir, jabatan, logo, kode barcode, dll. Kartu id card bisa berbentuk kartu mahasiswa, kartu tanda pengenal, kartu keanggotaan, kartu discount, kartu NPWP, kartu pasien, kartu asuransi, dll. Namun untuk membuat kartu id card pastinya memerlukan alat, yaitu dengan mesin id card.

Mesin id card merupakan peralatan pembuat kartu id card berupa printer id card mesin offset serta sablon untuk skala industri. Fungsi mesin cetak id card adalah mencetak kartu PVC sehingga ada yang menyebutnya sebagai mesin cetak kartu PVC.

Ada 2 sistem cetak dengan printer yaitu:

  1. Dengan menggunakan printer desktop biasa contohnya Epson serta Canon.
  2. Menggunakan printer id card contohnya printer Zebra, Fargo, Datacard, serta Evolis.

Jika menggunakan printer desktop yang digunakan adalah lembaran PVC seukuran A4, lalu di laminating serta dipotong dengan alat plong id card atau mesin pond. Membuat id card dengan sistem ini dinamakan sebagai pembuatan id card instan serta id card digital. Membuat id card dengan sistem ini biayanya sangat terjangkau.

Jika menggunakan id card printer, kartu PVC-nya sudah berbentuk seperti kartu ATM sehingga tidak perlu alat plong. Printer yang digunakan adalah printer khusus yang dinamakan printer id card dan memerlukan perlengkapan yang berbeda dengan printer kantor atau rumah umumnya. Printer id card akan otomatis melaminasi kartu PVC setelah semua sudah tercetak. Namun anda juga memerlukan software id card untuk melakukan desain id cardnya.

Selain itu ada beberapa jenis mesin id card, Berikut adalah mesin-mesin id card yang digunakan dalam proses pembuatan id card.

  1. Mesin Press ID Card
    Mesin Press digunakan untuk menggabungkan PVC yang telah dicetak atau print dengan overlay sebagai pelapisnya, kelebihan mesin ini yaitu dapat menggunakan 2 macam bahan baku PVC yaitu PVC Digital serta PVC Core .
  2. Mesin Emboss
    Digunakan untuk mencetak data di kartu. Mesin emboss dapat mencetak angka serta huruf timbul. Mesin Emboss cocok digunakan oleh Klinik, Rumah sakit serta Cafe. Dalam pengoperasiannya Mesin Emboss tidak menggunakan daya listrik. Untuk jenis huruf serrta angka yang digunakan Mesin Emboss sudah standar yaitu seperti kartu kredit atau kartu ATM. Untuk mewarnai kartu yang sudah di emboss menggunakan mesin poly/hotprint dengan berbagai macam warna. Pada Mesin Emboss terdapat angka ukuran besar serta kecil, namun untuk huruf hanya untuk ukuran kecil. Namun untuk Spasi serta paragraf pada Mesin emboss dapat dibuat sesuai keinginan.
  3. Mesin Tipping ID Card
    Mesin Tipping ID Card yaitu mesin untuk mewarnai angka serta huruf yang telah di emboss dengan berbagai pilihan warna seperti warna emas, perak serta warna-warna lainnya.
  4. Mesin Laminator ID Card
    Mesin Laminator ID Card digunakan untuk melaminating atau mengepress kartu ID Card serta Member Card yang menggunakan bahan baku PVC Instan yang sudah diprint. Solusi mudah praktis, murah serta mudah.
  5. Plong Kartu
    Mesin yang digunakan untuk memotong kartu yang sudah dilaminating atau di press. Plong Kartu tersedia 2 macam yaitu plong kartu manual serta elektrik yang menggunakan listrik.

Apapun kebutuhan untuk pembuatan kartu ID Card ada di PT ALLID TEKNOLOGI INDONESIA RAYA yang menjual mesin id card harga yang murah serta memiliki garansi beserta peralatan pendukungnya. Untuk pemesanan mesin id card serta jasa pembuatan id card segera hubungi PT ALLID TEKNOLOGI INDONESIA RAYA.

Leave a Reply