PT All ID Indonesia

Self Service Kiosk

Self Service Kiosk merupakan terminal komputer yang digunakan untuk menyediakan informasi atau menyediakan pelayanan yang pada sebuah bisnis atau perusahaan. Beberapa lokasi besar di Indonesia sudah ada seperti distasiun kereta api, bank serta bandara, Namun masih jarang ditemukan di tempat umum lainnya.

Layanan yang menggunakan kiosk bertujuan untuk memudahkan pelayanan atau customer yang datang yang digunakan melakukan aktivitas seperti contohnya melakukan pengiriman uang selain di ATM, memudahkan top-up dana virtual ke aplikasi melalui kiosk, membeli pulsa paket data, bisa membeli tiket kereta api dll.

Self Service Kiosk juga dirancang untuk dipergunakan di bandara dalam melayani cek In penumpang secara mandiri. Self Service Kiosk telah terbukti ampuh dalam menanggulangi antrian pada saat proses cek In yang biasa dilakukan dikonter cek In, karena penumpang hanya perlu beberapa kali melakukan klik dalam melakukan cekin secara mandiri, sehingga mudah digunakan dan sangat menghemat waktu. Self Service Kiosk terdiri dari :

  1. Touch screen yang digunakan yang digunakan input data
  2. Face Detection digunakan sebagai alat memindai wajah penumpang
  3. Finger Print yang digunakan memindai sidik jadi penumpang
  4. E-KTP Scanner, yang digunakan memindai kartu identitas penumpang berupa E-KTP
  5. Scanner 1D/2D, yang digunakan memindai e-ticket penumpang dan membaca data OCR passport atau VISA dalam penerbangan internasional
  6. Boarding pass printer yang digunakan mencetak boarding pass yang digunakan penumpang yang digunakan naik pesawat dan lokasi tempat duduk di dalam pesawat
  7. Bagtag printer yang digunakan mencetak label bagasi
  8. Scales, yang digunakan menimbang bagasi penumpang
  9. Screen scales, layar yang digunakan menampilkan berat timbangan
  10. LED Movie, yang digunakan menampilkan intruksi berbentuk video
  11. UPS atau Uniterruptable Power Supply yang digunakan jika listrik padam

Perangkat Self Service Kiosk ini dirancang serta implementasi sistem checkin penumpang secara mandiri. Sistem Self Service Kiosk ini terdiri dari:

  • Perangkat menuju server-server yang terhubung dengan sistem maskapai penerbangan
  • Aplikasi self service tersentralisasi di server sehingga memundahkan pengembangan
  • Sistem monitoring Kiosk yang digunakan menjamin semua perangkat operasional dan inventory kiosk terutama untuk stok kertas

Jangan ragu untuk berbicara dengan perwakilan layanan kami jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau ingin mencari  self service kiosk. hubungi kami melalui WA 081317759578 / 021-22486770 atau email  hello@allid.co.id

Leave a Reply